Friday, January 24, 2014

Visit to Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibukota negara Malaysia. Ada banyak tempat yang bisa kita datangi ketika berkunjung ke Kuala Lumpur. sayangnya buatku yg punya waktu luang sedikit , jadi ketika berkunjung ke Kuala Lumpur cuma sedikit tempat yg bisa ku datangi, krn emang tujuan ke KL bukan spesial buat jalan-jalan tapi buat nonton konser.



Kuala Lumpur (KL) adalah ibukota negara Malaysia. Kuala Lumpur memiliki banyak tempat wisata sejarah bagi bangsa Malaysia. Beberapa tempat wisata pendidikan sejarah Melayu yang berada di Kuala Lumpur antara lain Royal Selangor Club, Sultan Abdul Samad Building, Panggung Bandaraya, Masjid Jamek, Dataran Merdeka, Masjid India, Masjid Jamek, National History Museum, dan lain-lain.

Negara Malaysia pernah dijajah oleh Portugis dan Inggris selama berabad-abad. Inggris merupakan negara yang paling lama menjajah Malaysia sampai Malaysia memperoleh kemerdekaannya. Oleh karena itu, budaya dan bahasa yang berkembang di Malaysia dipengaruhi kuat oleh budaya Inggris. Nama-nama bangunan bersejarah di Malaysia merupakan gabungan Bahasa Melayu dan Bahasa Inggris.

Perjalanan wisata menuju tempat wisata di Kuala Lumpur dimulai dengan naik pesawat terbang tujuan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Lokasi KLIA di Sepang, berdekatan dengan Sirkuit Internasional Sepang. Setelah itu, wisatawan naik Star LRT dengan tujuan Masjid Jamek. Obyek wisata di Kuala Lumpur mana saja yang menarik untuk dikunjungi? Berikut ini daftarnya.

Dataran Merdeka or Merdeka Square at Kuala Lumpur Malaysia

Masjid Jamek
Jalur transportasi menuju Masjid Jamek adalah dengan tujuan Masjid Jamek Star atau Putra LRT. Dari Star LRT tersebut wisatawan tinggal berjalan kaki menuju Masjid Jamek. Lokasi Masjid Jamek di Kuala Lumpur merupakan pertemuan arus sungai Klang dan sungai Gombak. Setiap wisatawan diharuskan memakai pakaian yang sopan selama berkunjung ke tempat wisata agama Islam di Kuala Lumpur ini.

Sessions Court Building
Tak jauh dari Masjid Jamek terdapat Sessions Court Building. Bangunan bersejarah di Malaysia ini dalam bahasa setempat disebut Mahkamah Session & Majistret dan berada di Jalan Tun Perak. Tempat wistaa di depan gedung Mahkamah Session & Majistret merupakan jalur Star LRT sehingga wisatawan dan backpacker kurang nyaman menikmati keindahan bangunan bersejarah ini.

Panggung Bandaraya
Panggung Bandaraya adalah gedung pusat Pemerintahan kota Kuala Lumpur. Di Indonesia, Panggung Bandaraya bisa disebut sebagai balai kota (city hall). Panggung Bandaraya Kuala Lumpur adalah bangunan lama balaikota KL. Saat ini telah dibangun gedung baru yang bernama gedung Dewan Bandaraya Kuala Lumpur tak jauh dari lokasi gedung lama.

Sultan Abdul Samad Building
Setelah melewati jembatan yang melintang di atas Sungai Gombak, wisatawan akan sampai pada salah satu tempat wisata paling populer di Kuala Lumpur, yaitu Sultan Abdul Samad Building. Obyek wisata di KL ini menjadi landmark bagi pariwisata Kuala Lumpur. Wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan alam KL dari puncak gedung Sultan Abdul Samad.


Panggung Bandaraya at Sultan Abdul Samad Building Kuala Lumpur Malaysia

Industrial Court Building
Gedung Industrial Court terletak di Jalan Mahkamah Tinggi. Gedung ini memiliki bentuk arsitektur yang indah, khas gaya Eropa. Jalan-jalan ke tempat wisata di Malaysia yang satu ini akan mengingatkan kita pada Gedung Kantor Pos Besar di Surabaya, bangunan kuno di Semarang, dan gedung peninggalan penjajah Belanda di Yogyakarta. Bangunan kuno ini memiliki pintu dan jendela berukuran besar khas arsitektur Eropa.

Textile Museum
Museum Tekstil Kuala Lumpur berada di area strategis persilangan Jalan Hishamudin, Jalan Raja, dan Lebuh Pasar Besar. Museum ini menampilkan beragam benda seni yang berupa kain yang dihasilkan oleh warga Malaysia. Budaya Melayu mendominasi sebagian besar isi museum tekstil Kuala Lumpur. Selebihnya, budaya Malaysia dibentuk oleh etnis China, India, Arab, dan etnis minoritas lainnya dari Asia.

Dataran Merdeka
Dataran Merdeka adalah tempat wisata favorit warga kota KL. Dataran Merdeka memiliki Merdeka Square yang menyajikan keindahan air mancur. Dataran Merdeka bisa berfungsi sebagai tempat wisata alam di tengah kota Kuala Lumpur. Kalau di Indonesia, Dataran Merdeka mungkin bisa disamakan dengan wilayah Monumen Nasional (Monas) di Jakarta.

Nah..., tempat-tempat wisata di atas satu pun belum pernah ku datangi, padahal aku sudah 4 kali ke Kuala Lumpur..., hehehhehhe...
mungkin besok-besok kalo ke KL lagi punya kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata itu.

Oh, ya.., di bawah ini ada beberapa foto yang sempat ku ambil waktu berkunjung ke Kuala Lumpur

                         
  Ini foto lampu-lampu waktu malam natal 24 Desember 2012 di Pavilion KL





                        
  Di bawah ini foto twin tower di KLCC, ku ambil tgl 25 desember 2012
              
                     
 Ini foto yang kuambil di dalam gedung Menara Petronas, tgl 25 Desember 2012

No comments:

Post a Comment